Tugas Kuliah

Koko-Drink


Koko Drink adalah produk minuman Nata de Coco dengan rasa buah yang segar.di produksi oleh GarudaFood. Minuman ini selain memberikan manfaat untuk menghilangkan haus, juga memberikan manfaat serat dari nata de coco sehingga saat minum “nikmati kenyalnya, sekaligus nikmati seratnya”. Koko Drink sangat praktis tinggal disedot tanpa harus menggunakan sendok. Koko Drink lebih segar bila disajikan dalam keadaan dingin.


GarudaFood adalah perusahaan makanan dan minuman subordinated to Tudung Group. Selain GarudaFood, Tudung Group juga bawahannya SNS Group (PT Sukses Niaga Sejahtera, yang beroperasi di bisnis distribusi dan logistik, PT Bumi Mekar Tani (BMT, berhadapan dengan sektor perkebunan), PT Nirmala Tirta Agung (NTA, operasi dalam kemasan air minum dengan sebuah merek Mayo), PT Dairyland Indonesia (DLI, menangani pemasaran susu kaleng susu dengan merek Prestine), dan PT Garuda Solusi Inti (GSI, operasi dalam pelatihan, seminar, event-organizer, dan konsultasi manajemen).

GarudaFood Group yang berasal dari PT Tudung, ia didirikan di Pati, Jawa Tengah, pada tahun 1958 dan dioperasikan di bisnis tepung tapioka. Tahun 1979, PT Tudung berganti nama menjadi PT Tudung Putrajaya (TPJ). Pendiri perusahaan adalah almarhum Darmo Putro, mantan pejuang yang telah dipilih untuk terlibat dalam bisnis sektor setelah kemerdekaan Indonesia.

Di awal 1987, TPJ mulai menjual kacang tanah dengan produksi produk yang menggunakan merek Kacang Garing Garuda, yang baru-baru ini dikenal sebagai: Kacang Garuda. Kacang Garuda yang diperoleh penghargaan sebagai berikut: Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) di bawah kategori merek kacang untuk delapan kali-turut (2000-2007); Superbrands (2003); Top Brand for Kids (2004); Indonesia Jawaban Brand Award (IBBA, 2004-2007); Top Brand (2007).

Ketika perekonomian nasional menderita krisis ekonomi, pada Desember 1997, PT GarudaFood Jaya (GFJ) didirikan, yang memproduksi merek-biskuit Gery. Gery Saluut Indonesia yang terbaik Brand Award (IBBA) dari MARS dan Majalah SWA untuk periode 2005-2007 di bawah kategori kue wafer salut. Pada 2007 Gery Chocolatos yang IBBA di bawah kategori kue wafer stick.

GarudaFood diperoleh pada tahun 1998 PT Triteguh Manunggal Sejati (Trms), produsen jelly dan meluncurkan produk jelly menggunakan merek Okky dan Keffy. Pencapaian Okky jelly telah dibuktikan oleh kesuksesan dalam mendapatkan Top Brand for Kids (TBK) Award 2004 dengan kategori jelly. Selain TBK, Okky Jelly juga dikelola untuk memperoleh IBBA (2004-2007). Okky jelly Minuman juga yang Top Brand Award 2007 dari majalah Marketing bekerjasama dengan Frontier.

Pada akhir 2002, Trms meluncurkan produk minuman jelly dengan merek Okky Jelly Minuman dan juga yang baru dilantik untuk tahap GarudaFood untuk menangani bisnis minuman. Keseriusan dari GarudaFood dalam bisnis yang berfokus pada minuman itu juga menjadi nyata dengan peluncuran Mountea, buah-flavored minuman teh. Mountea bahkan sudah pernah diberikan oleh IBBA 2007 di bawah kategori minuman teh dalam kemasan cup.

Pada tahun 2000, Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS, disepakati untuk digabung TPJ dan GFJ menjadi PT Garuda Putra Putri Jaya dan PT Garuda Putra Putri Jaya berubah nama menjadi PT Garudafood Putra Putri Jaya.

GarudaFood juga memproduksi Snack dengan merek Leo, untuk kategori Potato chips, keripik pisang, keripik singkong produk yang dimulai dari akhir tahun 2005. Leo yang pada tahun 2007 untuk kategori penghargaan IBBA dari keripik kentang. Di samping itu, untuk memperluas bisnis snack jagung dengan merek O’Corn.

Di tingkat nasional, GarudaFood juga positif dianggap sebagai salah satu penghargaan perusahaan makanan dan minuman. Survei yang dilakukan oleh Frontier dan majalah BusinessWeek Indonesia di Jakarta dan Surabaya pada tahun 2006 dan 2007 menunjukkan bahwa GarudaFood berada di posisi ketiga Indonesia Paling penghargaan Perusahaan (iMac). GarudaFood juga aktif melakukan corporate social responsibility (CSR) di bawah bendera dari GarudaFood Sehati.

Sekarang, semua potensi yang didukung oleh 19 ribu pekerja yang telah menjadi aset utama untuk GarudaFood dalam upaya maju untuk memenuhi sukses sebagai perusahaan yang berkelanjutan.


Pada awalnya, PT Sinar Niaga Sejahtera (SNS) sebagai bagian dari distribusi Garudafood hanya khusus distribusi produk Garudafood selama lebih dari delapan tahun, sejak Mei 2002 dan fungsinya telah berubah menjadi Integrated Konsumen Bagus Distribusi dimulai oleh penugasan dari SNS sebagai distributor produk-produk dari URC Indonesia (anak perusahaan dari URC Internasional di Filipina). Setelah itu SNS bergerak cepat dan memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap pendapatan dari Garudafood.

Beberapa kepala sekolah selain URC yang dipercaya SNS sebagai distributor produk-produknya adalah: PT Nutrifood, PT Frutang Minuman Industri, PT Cara Sehat Farma, PT Sinde Budi Sentosa, PT Tiga Pilar Sejahtera, PT Ulam tiba Halim, PT Incasi Raya, PT Adimulya Sarimas Industri, PT Sparindo Mustika, PT Wiraniaga Langgeng, dan lain-lain Pada tahun 2004, SNS juga berhasil mulai bekerja sama dengan Nestle dan Johnson & Johnson, dua perusahaan multinasional, untuk mendistribusikan produk-produknya di Indonesia.

SNS mengembangkan jaringan melalui kerjasama dengan perusahaan-perusahaan distribusi di daerah, dan sampai saat ini cabang dan pengisian dari SNS (lebih dari 90 poin) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. SNS melakukan restructurization mendasar dalam Teknologi Sistem Informasi dan beragam pengembangan sistem distribusi berorientasi ke masa depan.

Informasi lebih lanjut:
PT Sinar Niaga Sejahtera
Jl. Wahab Affan No 135 Medan Satria, Bekasi Barat 17132
Ph. (+6221) 8843210, 8853716; Fax. (+6221) 8854962, 8854579
http://www.snsgroup.co.id

Peta Distribusi

Peta Distribusi

Negara-negara yang tercakup dalam wilayah distribusi Garudafood:

ASIA

  • Malaysia
  • Thailand
  • Filipina
  • Brunei Darussalam
  • Bangladesh
  • Vietnam
  • Kamboja
  • Hong Kong
  • Singapura
  • Taiwan
  • India
  • Korea Selatan
  • Timor Leste


Australia

Selandia Baru

Papua Nugini

Eropa

  • Belanda
  • Jerman


Timur Tengah

  • Yordania
  • Yaman
  • Saudi Arabia
  • Palestina
  • Uni Emirat Arab


Afrika

  • Mauritius
USA

Canada

Amerika Selatan

  • Chile
  • Bolivia


Amerika Tengah

  • Guatemala


Pacific Ocean

  • Kiribati
  • Samoa, America
  • Tuvalu

Sumber Daya Manusia

garudafood adalah perusahaan yang selalu berorientasi pada produk dan layanan yang bermutu degan SDM sebagai pilar utamanya. SDM adalah aset terpenting perusahaan garudafood tidak hanya memberikan kesejahteraan bagi karyawannya, tetapi juga memberikan pendidikan dan pelatihan di bidang kepemimpinan, keterampilan, sikap dan perilaku kerja yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan. Pendidikan dan pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi karyawan secara berkesinambungan. Itulah yang menjadi alas an keberadaan Intellectual Capital Resources (I CaRe) Institute, sebuah lembaga pendidikan dan pelatihan bagi para karyawangarudafood. Pemberdayaan SDM perusahaan selain dilakukan melalui program pendidikan dan pelatihan, juga melalui fasilitas perpustakaan yang dilengkapi buku-buku bermutu dengan beragam subyek, perangkat multimedia serta melalui jaringan intranet perusahaan.

Sumber Daya Hardware

mesin – komputer, monitor video, disk drive, dll.

media – floppy disk, disk optical, cd, telephone, dll.

Sumber Daya Software

program – program sistem informasi, program spreadsheet, dll.

prosedur- prosedur entri data, prosedur pendistribusian, dll.

Sumber Daya Data

deskripsi produk, catatan pelanggan, data kepegawaian, database persediaan.

Sumber Daya Jaringan

media komunikasi, pemroses komunikasi, software untuk akses, pengendalian jaringan dan LAN.

Pengembangan Produk

Garudafood Memperkaya hidup dengan berbagai pilihan produk bercita rasa tinggi dan berkualitas


Cari produk : Cari produk: GarudaKid Gery Bischoc Gery Bismart Gery Dipstick Gery Kraker Beras Gery Meses Gery Refill-E Gery Romeo Juliet Gery Saluut Gery Snack & Sereal Gery Soes Gery Wafer Cream Gery Wafer Stick Kacang Atom Kacang Kriting Kacang Kulit Koko Drink Leo Keripik Mountea Nasi Instan Garudafood Okky Bollo Drink Okky Jelly Drink Okky Jelly Jumbo Cup Okky Jelly Serat Okky Jelly Sedot Snack Pilus Garuda Ting-Ting


Okky Bollo Drink
JBC1
Okky Bollo Drink
195 ml x 24 cups
Content/Ctn : 24 cups
Carton Size (mm) : 400 x 265 x 105
Volume (M3) : 0.011319
1X20FCL can load : 2500
Ingredients : Water, Sugar, Alginate Bubble, Citric Acid, Sodium Cyclamate, Orange Flavour, Sodium Benzoate, Gum, Calcium Lactate, Aspartame * Phenylketonurics : Contains Phenylalanine

JBC4
Okky Koko Drink
190 ml x 24 cups
Content/Ctn : 24 cups
Carton Size (mm) : 400 x 265 x 105
Volume (M3) : 0.011319
1X20FCL can load : 2500
Ingredients : Water, Coconut Gel, Sugar, Inulin, Citric Acid, Sodium Cyclamate, Lychee Flavour, Sodium Benzoate, Gum, Calcium Lactate, Aspartame * Phenylketonurics : Contains Phenylalanine
Okky Koko Drink

Okky Jelly Drink
JDO1
Okky Jelly Drink
195 ml x 24 cups
Content/Ctn : 24 cups
Carton Size (mm) : 400 x 265 x 105
Volume (M3) : 0.011319
1X20FCL can load : 2500
Ingredients : Water, Sugar, Nata de Coco, Carragenan, Sodium Benzoate, Orange Flavour, Cloudifier, Vitamin C, Food Coloring : Sunset Yellow (E110)

JDO3
Okky Jelly Guava
195 ml x 24 cups
Content/Ctn : 24 cups
Carton Size (mm) : 400 x 265 x 105
Volume (M3) : 0.011319
1X20FCL can load : 2500
Ingredients : Water, Sugar, Nata de Coco, Carragenan, Citric Acid, Potassium Citrate, Cloudifier, Guava Flavour, Sodium Cyclamate, Sodium Benzoate, Aspartame, Food Coloring : Allura Red (E110)
Okky Jelly Guava

Mountea
MTA2
Mountea
200 ml x 24 pcs
Content/Ctn : 24 pcs
Carton Size (mm) :
Volume (M3) : 0.0102
1X20FCL can load : 2500
Ingredients : Water, sugar, citric acid, tea extract, sodium cyclamate 140 mg/ cup (ADI : 11 mg/ kg body weight), apple flavor, sodium benzoate. Contains sugar and sweetener.

Strategi Pengembangan

Upaya untuk terus melayani kebutuhan konsumen dengan aneka ragam produk dan layanan bermutu,garudafood mendirikan sebuah Research and Development Center yang sekarang menjadi Research and Innovation Center (R & I Center). Dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana modern serta sumber daya yang ahli di bidangnya masing-masing, R & I melakukan riset secara berkesinambungan untuk mengembangkan produk-produk yang memiliki nilai tambah dan mempunyai “unique winning product”, yang mampu memenuhi kebutuhan dan selera konsumen sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman.

Proses Dukungan Untuk Pelanggan

Di antara segmen pasar produk camilan berbasis koko drink yang terdiri dari segmen anak, segmen remaja dan segmen dewasa, pasar anak adalah pasar yang paling berpotensi. Fakta menunjukkan bahwa pasar anak-anak adalah pasar yang sangat menarik karena relatif besar dan memiliki keunikan tersendiri. Pasar ini merupakan pasar potensial bagi para marketer, tidak hanya di masa kini tetapi juga di masa depan.

contact us

Asia

Mr. Sugiarto Lidia
Regional Export Manager
apen@garudafood.com


Australia and Singapore

Mr. Logita Logiman
Regional Export Manager
logita@garudafood.com


East Asia (Hong Kong, Taiwan, South Korea), Netherland

Ms. Ryta
Country Officer
ryta@garudafood.co.id


Malaysia, Brunei Darussalam, Bangladesh, Timor Leste

Ms. Indriani Susilaningdyah
Country Officer
indriani.susilaningdyah@garudafood.co.id


Middle East, Africa

Mr. Sabarudin Adji
Country Officer
sabarudin.adji@garudafood.co.id


Thailand, Vietnam

Mr. Oscar Harisman
Country Officer
oscar.harisman@garudafood.co.id


USA, Canada, South America and Pacific Islands

Mr. Zulfikar Syarif
Country Officer
zulfikar.syarif@garudafood.co.id


Strategi Untuk Menghadapi Persaingan

Untuk menghadapi pesain koko Drink maka perusahaan harus meningkatkan kualitas produk dan melakukan strategi promosi yang merupakan langkah paling tepat, dimana melalui media ini konsumen dapat lebih mengenal produk tersebut. Secara umum praktek promosi terbagi menjadi 2 macam yakni secara below the line dan above the line. Below the line misalnya dengan melakukan promosi dan edukasi melalui kegiatan organisasi, arisan, club, seminar, sekolah, dan sebagainya dengan cara seperti membagikan sampling produk. Sedangkan above the line merupakan praktek promosi yang membutuhkan biaya yang tinggi dengan memanfaatkan media iklan televisi, radio, majalah, tabloid, koran, dan melakukan promosi secara online di internet melalui E-commerce.

Menghadapi Tantangan Kejahatan atau Keamanan

Prospek Bisnis

Berdasarkan model bisnis , situasi pasar dan persaingan , minuman koko Drink akan berkembang mengikuti pasar global, karena produk tersebut merupakan salah satu produk perusahaan garudafood, yang melakukan Srategi aplikasi E-Buseniss. Dalam aplikasi E-Buseniss perusahaan dapat melakukan kegiatan mulai dari proses  manajemen produksi, pemasaran hingga sampai ketangan pelanggan. Berdasarkan situasi pasar saat ini, jajanan yang dikemas dalam produk minuman sangat digemari anak-anak karena dapat menyegarkan, produk ini juga terdapat butiran-butiran jelly yang kenyal dan sangat disukai oleh anak-anak yang membedakan produk ini dengan produk minuman yang lain sehingga perkembangannya akan terus meningkat hingga 3 tahun ke depan.


Tampilan Situs

koko Drink memiliki tampilan situs yang cukup menarik dan menu navigasinya juga mudah untuk diaplikasikan karena produk ini merupakan produk dari garudafoodgroup yang memiliki sumber daya jaringan yang bagus.

Daftar Pustaka

http://www.garudafood.com


Iklan
Telah Terbit on Maret 5, 2009 at 8:34 am  Tinggalkan sebuah Komentar  

The URI to TrackBack this entry is: https://ibehbandito.wordpress.com/tugas-kuliah-konsep-sifo/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: